Selamat Datang di Pendidikanku

Ciri-ciri Guru Profesional

17 Jul 20130 komentar

Ciri-ciri Guru Profesional

Mendengar kata profesional tentu akan terbayang bagi kita, sebuah profesi yang memperhatikan layanan secara optimal serta menjaga agar masyarakat jangan sampai dirugikan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.
Bersedia atau tidak guru yang profesional haruslah meningkatkan kemampuannya untuk memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat.
Bila jabatan anda adalah seorang guru. maka, apakah anda sudah bekerja selayaknya guru yang profesional? Seorang guru yang profesional akan tampak dengan ciri-ciri sebagai berikut.

  1. Bekerja dengan ikhlas, hanya semata-mata memberikan pelayanan kemanusiaan daripada untuk     kepentingan pribadi.
  2. Secara hukum dituntut memenuhi berbagai persyaratan untuk mendapatkan lisensi mengajar serta persyaratan ketat untuk menjadi anggota organisasi guru.
  3. Dituntut memiliki pemahaman serta keterampilan yang tinggi dalam hal bahan pengajar, metode, anak didik, dan landasan kependidikan.
  4. selalu bisa mengikuti perkembangan yang terjadi sehingga tidak ketinggalan informasi.
  5. Berusaha untuk selalu mengikuti kursus-kursus, workshop, seminar, konversi serta terlibat secara luas dalam berbagai kegiatan.
  6. Diakui sepenuhnya sebagai suatu karier hidup.
  7. Memiliki nilai dan etika yang berfungsi secara nasional maupun secara lokal.
Guru profesional tentu memiliki ciri-ciri yang lebih dibanding yang sudah saya ungkapkan di atas. sebagai guru sudah sepantasnya kita tingkatkan keprofesionalitasan sebagai pengabdian terhadap bangsa dan Tuhan Yang Maha Esa. Amin.....

Dikutip dari berbagai sumber.
Share this article :

Post a Comment

Komentarlah dengan bijak dan sopan

 
Support : Pendidikanku | Creating Website | Agus Sukirman
Copyright © 2014. Pendidikanku - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by Pendidikanku
Proudly powered by Blogger