Selamat Datang di Pendidikanku

Kegiatan di Awal Bulan Ramadhan

9 Jul 20130 komentar

Pada tiap tahun ada 1 bulan yang bagi umat islam sangat besar artinya.ya, bulan itu adalah bulan Ramadhan. Bulan yang penuh berkah dan hidayah, umat islam di seluruh penjuru dunia akan berlomba-lomba untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaannya. Tak terkecuali umat Islam di Indonesia yang juga ikut menyambut bulan penuh rahmat tersebut dengan suka cita. Meskipun terkadang masih terselip perbedaan waktu pelaksanaannya, itu bukanlah suatu penghalang bagi kita umat islam untuk melaksanakannya.

Pada tahun 2013 ini Pemerintah Indonesia telah menetapkan bahwa bulan Ramadhan jatuh pada hari Rabu tanggal 10 Juli 2013. Keputusan ini dibuat setelah Pemerintah dan para alim Ulama mengadakan sidang Istbath pada hari Senin yang Lalu.

Ramdhan bagi umat islam adalah bulan mulia yang memberikan kepada kita kesempatan untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. Untuk itu marilah kita pergunakan waktu dengan sebaik-baiknya di bulan Ramadhan ini untuk memperbanyak ibadah dan pengetahuan keagamaan. Pada setiap awal bulan Ramadhan yang telah lalu, kita semua menyaksikan banyak lembaga pendidikan dan remaja masjid sibuk mengadakan berbagai kegiatan yang bernafaskan islami pada awal-awal bulan Ramadhan.

Kegiatan yang dilakukan pada bulan Ramadhan tentu bernuansa rohani. Salah satu kegiatan positif yang dapat memperdalam ilmu-ilmu agama adalah pesantren kilat. Itulah yang mendorong kami di SDN Wonoue untuk melaksankan pesantren kilat pada tiap tahunnya. Seperti kegiatan-kegiatan pesantren kilat pada umumnya, SDN Wonoue juga melaksanakan kegiatan tersebut pada satu hingga dua Minggu di awal Ramadhan. Tujuan dilaksanakannya Pesantren kilat tentu untuk menambah dan memperdalam ilmu-ilmu agama.

Sedangkan, Manfaat mengikuti pesantren kilat adalah selain mendapatkan ilmu agama dan dapat menjalankan ibadah puasa dengan khusus juga memperoleh banyak pengalaman berharga misalnya, berlatih mandiri, rasa sosial dan setia kawan jadi lebih meningkat, serta memupuk rasa kebersamaan.

Baiklah, karena Anak didik yang akan kita ajar adalah tingkat SD sehingga materi yang kita ajarkan pun berbeda dengan materi anak SMP maupun SMA. Adapun materinya di titik beratkan pada.
1. Tauhid
Memberikan pemahaman pada peserta didik tentang adanya Allah SWT,bukti-bukti keberadaan dan kebesarannya kepada peserta didik.
2. Fiqh
Memberikan pemahaman tata cara bersuci dan tata cara salat yang benar serta hal-hal yang membatalkannya.
3. Pembacaan Iqra’ (Al-Quran)

Materi Tauhid pada Pesantren Kilat akan menjadi patokan penanaman aqidah islamiyah yang baik bagi siswa. Jika disedikan masa sepekan untuk pelaksanaan pesantren kilat,hari pertama digunakan untuk materi Tauhid dan pembahasannya. Diawali dengan pengajian Al-Qur’an selama 30 menit. Hari ke-2 dan ke-3 digunakan untuk teori dan praktek tata cara besuci. Dan sisanya, digunakan untuk membahas dan mempraktekkan tata cara shalat.
Saya menganggap jika 4 materi utama ini disajikan dengan baik, seusai pesantren kilat,siswa SD akan terbiasa untuk melaksanakan ibadah rutin. Karena bagi mereka yang wajib baru salat.

Pembahasan ini dikutip dari berbagai sumber.


Share this article :

Post a Comment

Komentarlah dengan bijak dan sopan

 
Support : Pendidikanku | Creating Website | Agus Sukirman
Copyright © 2014. Pendidikanku - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by Pendidikanku
Proudly powered by Blogger