Selamat Datang di Pendidikanku

Apa Syarat Agar Guru Honorer Diangkat jadi PNS ??

11 Aug 20135komentar

Guru HonorerApa syarat agar guru honorer bisa menjadi PNS?  Para guru honorer selalu menginginkan untuk bisa menjadi PNS. Dengan status PNS itu, kesejahteraan mereka terjamin. Tapi untuk bisa diangkat menjadi PNS ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi terlebih dahulu.


Seperti yang dikatakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh, pemerintah terus berupaya menjamin kesejahteraan para guru, baik guru PNS, guru swasta, maupun guru-guru honorer. Oleh karena itu, kata dia, dikeluarkan kebijakan mengenai tunjangan profesi dan bantuan untuk guru non PNS.

Akan tetapi, guru-guru non PNS, khususnya para guru honorer baru menerima seluruh tunjangan tersebut jika memenuhi dua syarat utama yaitu kualifikasi dan kompetensi.

"Persoalannya bukan sebatas diangkat atau tidak diangkat. Tetapi, apakah guru-guru honorer itu memenuhi dua syarat utama," kata Nuh.

Syarat kualifikasi, jelas Nuh, apakah para guru honorer sudah menempuh jenjang pendidikan D-4 atau S-1. Jika belum, maka guru-guru honorer tidak akan bisa diangkat menjadi guru PNS karena tersandung oleh Undang-Undang tentang guru dan dosen, yang mensyaratkan guru PNS harus dan telah menempuh program pendidikan D-4 atau S-1.

Syarat yang kedua, lanjutnya, agar diangkat menjadi guru PNS, para guru honorer terlebih dahulu harus lulus uji kompetensi. Tanpa uji kompetensi, menurut Nuh, hasil dari pengangkatan dikhawatirkan akan mengorbankan para peserta didik karena berkaitan dengan kualitas pengajar.

"Apa kita rela para siswa diajar oleh guru yang tidak kompeten? Terlebih jika peserta didik itu adalah anak kita. Saya ingin memenuhi harapan mereka, tapi harus dipenuhi juga syarat utamanya. Jika memenuhi, pasti kami angkat, karena kita masih membutuhkan banyak guru," ungkapnya.

Apakah guru honorer yang ada di Indonesia saat ini sudah layak untuk diangkat jadi seorang PNS?? berikan tanggapan anda.

(dikutip dari berbagai sumber)
Share this article :

+ komentar + 5 komentar

13 August 2013 at 10:13

smoga pndidikan indonesia smakin mju

13 August 2013 at 15:38

Amin...

26 September 2013 at 00:47

Semoga direalisasikan sistemnya, takutnya Nanti Cuma omdo.

Anonymous
19 July 2014 at 06:36

Tidak hanya mementingkan gajinya . Tapi mementingkan kualitas mengajarnya supaya murid paham apa yang disampaikan guru. Terkadang guru pemalas ingin jadi pns tentunya tidak pantas.

Anonymous
24 December 2014 at 11:24

Lolos PNS Guru di lingkungan kemenag RIAU. Assalamu Alaikum wr-wb, Saya ingin berbagi cerita kepada anda semua khsusnya untuk temen2 tenaga honorer yang sudah lama mengabdi, Bahwa dulunya saya ini juga hanya
seorang Honorer biasa di salah satu sekolah dasar di daerah prov RIAU tepatnya di kota PEKANBARU. 9 tahun lamanya saya jadi tenaga
honorer belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 3 kali mengikuti ujian,
dan membayar puluhan juta namun hasilnya nol, saya gagal uang pun tidak kembali bahkan saya
sempat putus asa.dan tidak sengaja sy ketemu teman lama yg kebetulan juga guru SD di kota PEKANBARU sayapun curhat dan menceritakan semua yg saya alami,dan temen saya itu memberikan no tlp Bpk Dede djunaedy,
M.Si. Selaku( Direktur pengadaan PNS) BKN PUSAT yang di kenalnya di jakarta dan juga mengurusnya jadi PNS, saya pun coba menghubungi beliau dan alhamdulillah beliau mau membantu dan menyuruh saya mengirim Berkas dan NO TES(peserta ujian)kembali melalui Email,alhamdulillah NIP dan SK saya akhirnya keluar.
Jadi apapun keadaan anda skarang jangan pernah putus asa dan terus
berusaha, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasih jalan, itu adalah kisah
nyata dari saya.untuk hasil ini saya ucapkan banyak terimakasih kepada : 1.
ALLAH SWT; karena KepadaNya kita meminta dan memohon. 2. Terimakasih
untuk khususnya Bpk. Drs DEDE DJUNAEDHY, M.Si. Beliau selaku (Direktur
pengadaan PNS) BKN PUSAT,dan beliaulah yang membantu kelulusan saya, akhirnya SK saya tahun ini bisa keluar.Teman teman yg ingin
seperti saya silahkan anda hubungi bpk DEDE DJUNAEDHY, M.Si. No.0822 9261 8686 Siapa tau beliau mau membantu...

Post a Comment

Komentarlah dengan bijak dan sopan

 
Support : Pendidikanku | Creating Website | Agus Sukirman
Copyright © 2014. Pendidikanku - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by Pendidikanku
Proudly powered by Blogger