Selamat Datang di Pendidikanku

Dampak Bermain Bagi Kecerdasan Anak

13 Aug 20132komentar


anak bermain
Dampak Bermain Bagi Kecerdasan Anak

Pernah melihat anak anda bermain ? tentu, setiap anak pasti gemar bermain. Tahukah anda bahwa bermain ternyata memiliki Dampak bagi kecerdasan Anak ? Tidak semua orang mengetahui bahwa kegiatan bermain anak ternyata membawa dampak bagi kecerdasan anak tersebut. Bermain bukan saja membawa dampak yang negatif, tetapi juga memiliki dampak yang positif. Asalkan anda tahu cara mengelola dan memilih permainan yang sesuai bagi anak, tidak perlu mahal, dari barang-barang bekaspun jadi yang terpenting adalah manfaatnya.

Seperti yang dikatan ahli anak Fisher-Price Carrie Lupoli bahwa mainan bisa mempengaruhi perkembangan kecerdasan dan karakter anak. Menggunakan mainan dalam bermain memudahkan anak untuk berinteraksi, bersosialisasi dan membentuk karakter. Mainan juga dapat melatih kognitif dan emosi anak.

Lupoli menyebutkan berdasarkan penelitian, perbedaan mencolok antara siswa yang lulus dengan dan "drop out" adalah pada proses belajar dan bermain ketika mereka berusia empat tahun. Sedangkan psikolog anak Vera Itabiliana menjelaskan usia 0-5 tahun adalah masa emas anak untuk menyerap nilai, norma dan pelajaran. Vera mengimbau  orang tua ikut berpartisipasi dalam permainan anak, bukan hanya menyediakannya.

Nah, itulah penjelasan para ahli mengenai dampak bermain bagi kecerdasan anak. Kita tidak perlu melarang anak untuk bermain, tapi kita harus berpartisipasi aktif dalam permainan anak, agar dapat terarah dengan baik dan benar.
Share this article :

+ komentar + 2 komentar

20 January 2014 at 22:50

Dunia anak memang dunia bermain, jadi sangat penting bagi anak untuk bermain, uraian tulisan yang menarik singkat dan padat, terimakasih udah di sare, salam.

24 January 2014 at 07:29

@asolihin skbok pak, terima kasih juga udh berkunjung

Post a Comment

Komentarlah dengan bijak dan sopan

 
Support : Pendidikanku | Creating Website | Agus Sukirman
Copyright © 2014. Pendidikanku - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by Pendidikanku
Proudly powered by Blogger