Selamat Datang di Pendidikanku

Kursi CPNS Sama Dengan Ratusan Juta

24 Aug 20130 komentar

Kendari, Minimnya kuota CPNS tahun 2013 ini yang akan digelar September mendatang membuat peluang lulus semakin mengecil. Kondisi ini membuat upaya lobi melobi semakin kuat. Bahkan, tarif untuk lulus pun sudah beredar.     

Informasi yang saat ini berkembang di Konawe Utara,  tarif satu  kursi CPNS dihargai  Rp 75 juta sampai Rp 150 juta per orang. Dengan kuota 100 orang, rincian 55 persen untuk tenaga guru, 35  tenaga kesehatan, dan sisanya untuk tenaga teknisi, benar-benar dimanfaatkan sejumlah oknum pejabat untuk menawarkan jasa kepada para pencari kerja yang ingin jadi PNS. 


Kepala BKD dan Diklat Kabupaten Konut, Djafar Suleman membantah isu tersebut. Katanya hal itu tidak benar adanya, hanya saja masyarakat yang terlalu membesarkan hal itu. "Kami  tidak pernah mengeluarkan peraturan itu, karena penerimaan CPNS murni tidak pungut biaya," jelasnya.

    
Djafar mengakui proses penerimaan CPNS tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Dimana pada tahun lalu, BKD masih terlibat langsung melakukan pengawasan dan pemantauan kepada calon PNS yang sementara melakukan test, sehingga kemungkinan besar jika tahun lalu ada oknum pegawai yang melakukan pungli. 
    
Tahun ini beda dengan tahun lalu, ada orang pusat yang ditugaskan melakukan pengawasan saat test nantinya. Sebenarnya dalam test kali ini diwajibkan melalui jaringan internet, namun di daerah Konut belum memiliki fasilitas internet, jadi tesnya secara manual saja seperti esay tes dan pilihan ganda," jelasnya.
    
Di tempat berbeda, Bupati Konut Aswad Sulaiman juga membantah adanya kabar tak sedap itu di lingkup pemerintahannya. Ia menegaskan, tidak ada pungutan liar yang diberlakukan dalan perekrutan PNS. "Jika hal ini memang ada, maka langsung laporkan ke saya, catat siapa oknumnya dan bukti-bukti. biar saya tindaki dengan tegas," tegasnya. (kendarinews)
Share this article :

Post a Comment

Komentarlah dengan bijak dan sopan

 
Support : Pendidikanku | Creating Website | Agus Sukirman
Copyright © 2014. Pendidikanku - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by Pendidikanku
Proudly powered by Blogger