Selamat Datang di Pendidikanku

Penelitian: Sekolah Bukan Tempat Menyenangkan

26 Aug 20130 komentar


Penelitian yang dilakukan oleh Prapanca Research (PR) yang mengamati perbincangan tentang pendidikan di jejaring sosial menyebutkan, sekolah menjadi tempat yang tidak menyenangkan. Dari pantauan terbarunya terhadap perbincangan tentang pendidikan, di jejaring sosial twitter, periode 22 Agustus 2011 hingga 22 Agustus 2013, ada 113 ribu perbincangan tentang dunia sekolah. 

Menurut Cindy Herlin Martha, seorang analis PR, dari 113 ribu perbincangan itu di antaranya paling marak yang menyinggung kegiatan ajar-mengajar. Salah satu kicauan yang dikutipnya dari akun @salam_jakarta, misalnya, pada 23 Juli 2012, akun ini menyampaikan pesan: di sekolah itu hal yang paling menyenangkan adalah kelas kosong, gurunya sakit dan rapat. 

Kicuaan ini kemudian dikicaukan ulang hingga 6.000 kali. Contoh kicauan lainnya adalah dari @areailmu yang dikicaukan ulang hingga 2.000 kali. Disitu dia mengatakan: Di Belgia, kebanyakan sekolah belajar hanya tiga jam.  Selebihnya mengasah kemampuan, kalo di Indonesia? Meski demikian, tak sedikit pula di antara kicauan-kicauan dengan peringkat edar tinggi melihat sekolah dengan cara sebaliknya. Misalnya memandang sekolah sebagai tempat yang menyenangkan. sumber : Republika
Share this article :

Post a Comment

Komentarlah dengan bijak dan sopan

 
Support : Pendidikanku | Creating Website | Agus Sukirman
Copyright © 2014. Pendidikanku - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by Pendidikanku
Proudly powered by Blogger