Selamat Datang di Pendidikanku

Pengadaan CPNS Konsel Utamakan Guru

5 Sept 20131komentar


Pengadaan CPNS baru dari pelamar umum, segera digelar. Berdasarkan data resmi  Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB), untuk wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra) mendapatkan jatah 654 orang yang terbagi dari  pelamar umum untuk Pemprov Sultra (83).  Jatah ini seluruhnya diperuntukan untuk tenaga medis. Sedangkan sisanya 571 terbagi dalam beberapa jurusan.

Wakatobi misalnya, tahun ini mendapat jatah (105). Namun Jumlah itu diperentukan tenaga medis, guru dan sisanya adalah teknis lainnya. Demikian halnya Butur (166), didominasi tenaga medis, guru dan sisanya untuk teknis. Hal yang sama juga Kolaka Utara (100), untuk tenaga medis, guru dan tenaga teknis lainnya. Konawe Utara (100), juga memprioritaskan tenaga medis, guru dan teknis lainnya. Sedangkan Konawe Selatan (50), diutamakan tenaga guru. Kabupaten Bombana (50), hingga kini belum dipublis Pemkab.
  
Wakatobi persentase tenaga pendidik 55 orang, kesehatan 45 dan 15 sisanya tenaga teknis. Informasi  dihimpun Kendari Pos, penerimaan mengarah pada guru  SD dengan kualifikasi pendidikan S1 PGSD. Lalu penerimaan guru SMP dan SMA, didominasi penerimaan guru Bimbingan Konseling (BK). Sementara, untuk SMK akan diterima guru pendidikan seni dan budaya, pariwisata serta perhotelan.
  
" Di Sultra ada penambahan dan telah disetujui oleh Kemenpan-RB dua kuota lagi. Pemprov itu semuanya dijatah kesehatan, sedangkan Konsel itu untuk guru semuanya. Saya tidak bisa memberitahukan semuanya secara rinci, karena itu menjadi domain BKD untuk mengumumkan pada masyarakat di sana. Jadi tunggu saja ya dan itu pasti diumumkan," ujar, Arizal, Asisten Deputi Perencanaan Bidang SDM Kemenpan-RB, ditemui di ruang kerjanya, Selasa (4/9).
  
Sementara itu, Menteri PAN-RB, Azwar Abubakar membenarkan, dalam penerimaan instansi daerah, pihaknya mengutamakan pada tenaga pelayanan dasar. Misalnya untuk guru produktif, tenaga medis juga tenaga paramedik, serta jabatan-jabatan teknik yang memiliki sifat pro poor, pro growth, serta pro job. Menurutnya, jumlah kuota CPNS baru ini memang relatif kecil jika dibanding dengan periode-periode sebelumnya. Namun, kebutuhan PNS akan ditutupi dari pengangkatan tenaga honorer Kategori 2.
  
" Persiapkan diri dengan matang dan banyak belajar. Contoh soal-soal CPNS yang nantinya bisa saja keluar. Jangan melakukan hal-hal yang dapat merugikan banyak pihak, khususnya diri sendiri. Jangan percaya dengan calo yang memberikan iming-iming kelulusan," terangnya, di Jakarta, kemarin.
  
Sementara itu, Rusdin, Kepala BKD Wakatobi membenarkan kuota yang diterima tersebut. Pihaknya saat ini intens melakukan komunikasi baik melalui BKN, Kemenpan-RB, dan BKD provinsi untuk mematangkan proses penerimaan CPNS. Katanya, dalam kuota yang diberikan, berdasarkan kebutuhan daerah, selain itu disesuaikan dengan anggaran belanja pegawai dan belanja publik. (dikutip dari kendarinews)


Share this article :

+ komentar + 1 komentar

3 June 2015 at 17:14

Semoga para guru hebat kian sejahtera...

Post a Comment

Komentarlah dengan bijak dan sopan

 
Support : Pendidikanku | Creating Website | Agus Sukirman
Copyright © 2014. Pendidikanku - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by Pendidikanku
Proudly powered by Blogger