Selamat Datang di Pendidikanku

Cara Isi Dapodikdas 2013 Untuk 2 Sekolah pada 1 PC/Laptop

24 Dec 20136komentar


dapodikdas 2013

Assalamu alaikum wr.wb.
Cara Isi Dapodikdas 2013 Untuk 2 Sekolah pada 1 PC/Laptop - Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi sedikit bagaimana caranya agar kita bisa mengisi data 2 sekolah di dapodikdas 2013 hanya menggunakan 1 buah PC/Laptop. Seperti yang sudah banyak di perbincangkan para OP sekolah, kalau aplikasi dapodikdas 2013 ini, hanya dapat digunakan untuk 1 data sekolah dan 1 PC/Laptop. Tidak seperti aplikasi dapodik 2012 yang bisa mengisi 2 bahkan lebih data sekolah hanya menggunakan 1 buah PC/Laptop.

Ini tentu menjadi kendala bagi saya yang menjadi OPS di SD-SMP satu atap, karena harus mengisi data dua sekolah sekaligus, sementara Laptop hanya satu. Setelah saya obrak-abrik mbah google ga ketemu caranya, saya coba oprek sendiri laptop saya, akhirnya bisa jua, meskipun butuh waktu dan tenaga lebih, tapi ga apalah daripada harus install ulang aplikasi dapodikdas 2013 ataupun harus minjam laptop tetangga.

Kayaknya, udah cukup curhatnya dan kita langsung tengok aja caranya.
Sebenarnya cara ini sama dengan cara backup lokal data dapodikdas 2013 yang sudah pernah saya bahas sebelumnya, hanya saja saat ini saya akan menggunakan 2 database dari dua sekolah yang berbeda.

Satu, yang harus anda persiapkan adalah aplikasi dapodikdas 2013 beserta patch terbarunya, kode registrasi sekolah (2 sekolah berarti 2 koreg, sesuaikan dengan jumlah sekolah yang akan anda isi datanya. disini saya hanya akan mengisi 2 data sekolah, jadi saya menggunakan 2 koreg juga yang masingmasing saya sebut sebagai koreg A dan koreg B), dan yang terakhir adalah data prefill (data prefill 1 dapat anda unduh menggunakan koreg A dan data prefill 2 dapat di unduh menggunakan koreg B)data prefill dapat anda simpan di flasdisk/driver PC/Laptop. untuk memudahkan dalam menentukan antara prefill Sekolah A dengan Prefill Sekolah B, maka kita buatkan dua buah folder yang masing-masing kita beri nama sekolah A dan sekolah B.

Dua, Misalnya kita akan mengisi data sekolah A, copy data prefill 1 yang terdapat pada folder Sekolah A ke Drive:C:\prefill_dapodik\data prefill 1 yang sudah anda unduh sebelumnya. kemudian, install aplikasi dapodikdas 2013 beserta patch terbarunya, setelah proses installasi selesai buka aplikasi dapodikdas 2013, registrasi menggunakan koreg A, dan yang terakhir login.

Nah, sekarang anda sudah bisa mengisi data-data sekolah A di aplikasi dapodikdas 2013 sampai selesai.

Jika, sudah selesai pada sekolah A, bagaimana caranya kita mengisi data sekolah B tanpa harus kehilangan data sekolah A yang sudah kita isi sebelumnya? berikut ini langkah-langkahnya:

Pertama, buka drive C:\Program Files\, cari  folder "dapodikdas" dan copy paste folder tersebut, dan simpan di tempat aman atau bisa juga kita masukkan dalam folder lain dalam PC/Laptop dengan nama "Database Sekolah A".

Kedua, Uninstall aplikasi dapodikdas 2013. dengan cara masuk ke kontrol panel >> hapus instalasi program >> dapodikdas

Ketiga, Ganti data prefill sekolah A yang terdapat pada drive C dengan data prefill sekolah B. Install ulang aplikasi dapodikdas 2013 beserta patchnya. registrasi menggunakan koreg B, dan yang terakhir Login (saya sarankan menggunakan email dan password yang sama biar ga lupa)

Keempat, Isi data-data sekolah B sampai selesai.

Bagaimana kalau kita ingin mengisi data-data sekolah A kembali tanpa harus install ulang aplikasi dan tidak kehilangan data sekolah B yang sudah kita isi.

1. Ikuti langkah-langkah seperti pada diktum "Pertama" di atas, dan simpan folder "dapodikdas" pada folder yang kita beri nama "Database Sekolah B". ganti prefill_dapodik dengan prefill Sekolah A.

2. Klik kanan pada tombol Start >> Run >>, ketik "Services.msc"(tanpa tanda petik) pada kotak "Run" kemudian tekan "enter". anda akan di bawa ke halaman baru seperti berikut.
Services

3. Kalau sudah masuk halaman "Services" klik "Services(Local) >> Klik kanan "DapodikdasDB" >> klik "Stop"dan tunggu prosesnya sampai selesai. kemudian masih di halaman yang sama klik kanan "DapodikdasWebSrv" >> klik "Stop" dan tunggu prosesnya sampai selesai. jika sudah selesai jangan tutup dulu halaman "Services". kita langsung ke langkah no 4.

4. Copy paste folder "dapodikdas" yang terdapat pada folder "Database Sekolah A" ke Drive c:\Program Files\. dan tunggu sampai proses Copy Paste selesai.

5. Jika proses Copy paste selesai, kita kembali lagi ke halaman "Services" Sekarang klik kanan lagi pada "DapodikdasDB" >> klik "Start". tunggu prosesnya sampai selesai. setelah itu klik kanan "DapodikdasWebSrv" >> Klik "Start". dan tunggu prosesnya sampai selesai.

6. Jika sudah selesai, tutup aja halaman "Services" buka aplikasi Dapodikdas 2013 seperti biasa dan setelah itu Login (tidak usah registrasi lagi)

7. Selamat, anda sudah bisa membuka data-data Sekolah A tanpa harus mengulang dari awal lagi

Jika anda ingin membuka Sekolah B lagi anda tinggal melakukan langkah-langkah dari nomor 1 sampai nomor 6.

Mungkin hanya itu yang bisa saya bagikan, kalau masih belum jelas silahkan anda bertanya melalui kolom komentar.
Share this article :

+ komentar + 6 komentar

24 June 2014 at 20:45

Mohon informasinya,,,
Setelah saya baca postingan diatas,, saya sdh paham teknisnya, tp klo kita sudah terpasang aplikasi dapodikdas utk 1 sekolah,, bgaimana cara menambahkan sekolah kedua agar bisa diaktifkan dlm satu aplikasi,, apakah hrs instal aplikasi dr awal lagi atau kita tinggal meregistrasikan sekolah kedua saja????
Terima kasih

16 July 2014 at 05:55

@falah muttaqinUntuk memasukkan data sekolah ke 2, anda harus membackup dulu file dataweb dan database sekolah 1, setelah itu install ulang aplikasi dapodikdas dan registrasi kembali menggunakan koreg sekolah 2. Jika anda anda ingin menggantinya ke sekolah 1 lagi, anda harus backup dulu dataweb dan database sekolah 2..begitu seterusnya..

Maaf jika jawaban saya kurang jelas.....

1 September 2014 at 13:36

saya ingin belajar program database dgn laptop yang telah ter instal Database DAPODIK, apaka bisa dalam 1 laptop memiliki 2 aplikasi Database..??? mohon penjelasannya...

6 September 2014 at 18:13

@mangumpul simbolon Bisa saja, yang dibutuhkan hanyalah ketelitian anda dalam mengelolanya, agar tidak terjadi tumpang tindih data..

15 March 2015 at 20:57

ribet amat tutornya

15 March 2015 at 20:57

ribet amat tutornya

Post a Comment

Komentarlah dengan bijak dan sopan

 
Support : Pendidikanku | Creating Website | Agus Sukirman
Copyright © 2014. Pendidikanku - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by Pendidikanku
Proudly powered by Blogger