Selamat Datang di Pendidikanku

Komponen Kompetensi Profesional Guru-Jilid 2

14 Dec 20130 komentar

Komponen Kompetensi Profesional guru-Jilid 2
Sebelumnya saya sudah membahas beberapa Komponen Kompetensi Profesional yang harus dimiliki guru, kali ini masih tetap membahas tema yang sama, namun yang kali ini adalah lanjutan dari tema sebelumnya. Bagi yang sudah membaca pembahasan sebelumnya, silahkan anda langsung membaca komponen-komponennya di bawah ini. untuk yang belum silahkan langsung menuju ke Komponen Kompetensi Profesional Guru yang pertama.


Inilah beberapa Komponen Kompetensi Profesional guru Jilid 2

  1. Mampu Memahami Karakteristik Peserta Didik, Guru dituntut memiliki pemahaman yang lebih mendalam tentang ciri-ciri dan perkembangan peserta didik, lalu menyesuaikan bahan yang akan diajarkan sesuai dengan karakteristik peserta didik.
  2. Mampu Menyelenggarakan Administrasi Sekolah, Di samping kegiatan akademis, guru harus mampu menyelenggarakan administrasi sekolah.
  3. Memiliki Wawasan Tentang Inovasi pendidikan, Seorang guru diharapkan berperan sebagai inovator atau agen perubahan. maka, guru perlu memiliki wawasan yang memadai mengenai berbagai inovasi dan teknologi pendidikan yang pernah dan mungkin dikembangkan pada jenjang pendidikan.
  4. Berani Mengambil Keputusan, Guru harus memiliki kemampuan mengambil keputusan pendidikan agar ia tidak terombang-ambing dalam ketidakpastian. Semua tindakannya akan memberikan dampak tersendiri bagi peserta didik sehingga apabila guru tidak berani mengambil tindakan kependidikan, siswa akan menjadi korban kebimbangan.
  5. Memahami Kurikulum dan Perkembangannya, Salah satu tugas guru adalah melaksanakan kurikulum dengan sebaik-baiknya. Oleh karena itu, guru perlu memahami konsep-konsep dasar dan langkah-langkah pokok dalam pengembangan kurikulum.
  6. Mampu Bekerja Berencana dan Terprogram, Guru dituntut untuk dapat bekerja teratur, tahap demi tahap, tanpa menghilangkan kreativitasnya. Rencana dan program tersebut akan menjadi pola kerja guru sehingga tahap pencapaian pendidikan dapat dinilai dan dijadikan umpan balik bagi kelanjutan peningkatan tahap pendidikan.
  7. Mampu Menggunakan Waktu Secara Tepat, Makna tepat waktu disini bukan sekedar masuk dan keluar kelas tepat pada waktunya, melainkan juga, guru harus pandai membuat program kegiatan dengan durasi dan frekuensi dengan tepat sehingga tidak membosankan.
Seorang guru tidak akan menjadi profesional bukan hanya karena komponen-komponen yang sudah disebutkan di atas maupun sebelumnya, tetapi juga karena kemampuan dan kemauan yang kuat dari guru tersebut. Jangan lupa untuk membaca dan memahami artikel Komponen Kompetensi Profesional Guru pada postingan sebelumnya.
Share this article :

Post a Comment

Komentarlah dengan bijak dan sopan

 
Support : Pendidikanku | Creating Website | Agus Sukirman
Copyright © 2014. Pendidikanku - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by Pendidikanku
Proudly powered by Blogger