Selamat Datang di Pendidikanku

Inilah Beberapa Tips Dalam Mengajar

9 Mar 20140 komentar

Agar kegiatan mengajar dapat berlangsung secara efektif dan menyenangkan, ada beberapa tips yang perlu dilakukan seorang guru ketika menyampaikan materi kepada anak didiknya.

Inilah Beberapa Tips Dalam Mengajar


1.      Cerita
Dalam memulai kegiatan mengajar, seorang guru dapat menyampaikan sebuah cerita pembuka yang mampu menarik perhatian anak-anak didiknya. Idealnya, cerita-cerita tersebut harus berhubungan dengan materi yang akan diajarkan oleh guru. Cerita-cerita yang disampaikan dapat berupa cerita yang mengharukan, cerita yang lucu, sampai cerita yang inspiratif.

2.      Humor
Sebuah kegiatan mengajar yang miskin humor, ibarat sayur tanpa garam. Proses pembelajaran akan terasa hambar, kaku, dan membosankan. Untuk itu, tidak ada salahnya jika guru menyisipkan humor sebagai "penyegar" dalam proses kegiatan mengajar. Tujuannya tidak lain adalah untuk mengatasi kekakuan, kejenuhan, dan meningkatkan semangat serta konsentrasi para anak didik.

Dalam porsi dan ukuran yang tepat, humor akan membantu anak didik menjadi rileks dan santai. Pemikiran yang rileks dan tidak tegang akan membuat otak menerima materi pelajaran yang disampaikan dengan baik.

Sebaliknya, jika porsi dan ukuran humor terlalu berlebihan, maka anak didik akan merasa kebingungan. Selain itu, materi yang disampaikan oleh guru pun akan menjadi “kabur” dan tidak focus.

3.      Permainan
Dalam proses kegiatan mengajar, seorang guru dituntut untuk selalu berpikir kreatif dalam menyampaikan suatu materi pembelajaran. Agar anak didik tidak merasa bosan atau lesu saat belajar, materi pembelajarannya harusnya dikemas dalam bentuk permainan yang menyenangkan sekaligus dapat mendidik mereka.

Bentuk permainan yang dilakukan tidak harus menggunakan alat-alat yang mahal dan baru. Namun, dapat dikemas dalam bentuk yang sederhana.

Sebagai contoh, guru dapat membuat permainan ular tangga yang didalamnya memuat soal-soal mengenai materi yang telah disampaikan. Anak didik dapat belajar secara menyenangkan dan justru mereka tidak akan merasa sedang belajar. Permainan yang dilakukan bisa berupa permainan kuis berhadiah atau permainan ular tangga yang berisi soal-soal.

Menarik atau tidaknya permainan, bergantung pada kemampuan guru untuk menghibur anak didiknya. Oleh karena itu, selain sebagai pengajar dan pendidik, guru pun harus menjadi seorang entertain sejati.
Share this article :

Post a Comment

Komentarlah dengan bijak dan sopan

 
Support : Pendidikanku | Creating Website | Agus Sukirman
Copyright © 2014. Pendidikanku - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by Pendidikanku
Proudly powered by Blogger