Selamat Datang di Pendidikanku

Hilangkan Virus Tanpa Antivirus

10 Mar 20140 komentar

Virus bukanlah sebuah aplikasi yang sempurna, namun memiliki kelemahan-kelemahan yang berbeda. Itulah kenapa virus sebenarnya bisa dibasmi tanpa antivirus sekalipun. berikut beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membasmi virus.
Hilangkan Virus Tanpa Antivirus

1. Nonaktifkan sistem restore

Fasilitas ini berguna untuk menyelamatkan Windows dari kerusakan yang terjadi akibat perubahan atau penghapusan sistem windows. Sayangnya virus juga dianggap sebagai file sistem, sehingga setiap kali virus kita hapus, windows juga akan memulihkannya secara otomatis.

2. Matikan Proses Virus

Virus yang telah menginfeksi sistem windows tidak dapat dihapus tanpa menghentikan proses virus. Proses virus dapat dimatikan dengan menggunakan Task Manager, yang merupakan salah satu fasilitas windows yang di-disable oleh virus. Solusinya adalah menggunakan software lain yang memiliki fungsi sama dengan task manager.

3. Pulihkan Registry

Langkah berikutnya setelah proses virus berhenti, segera bersihkan registry dari jejak virus sehingga virus tidak dapat aktif setelah windows booting. Registry juga dapat digunakan untuk memulihkan komponen windows yang dapat digunakan untuk membersihkan virus seperti task manager dan folder option.

4. Hapus File-file Virus

Langkah selanjutnya adalah menghapus semua virus yang ada di komputer. Gunakan fasilitas pencarian untuk mencari virus karena biasanya virus memiliki ekstensi, ukuran file, dan ikon yang sama.

5. Munculkan File-file yang Disembunyikan Virus

Langkah terakhir adalah memulihkan file yang telah terinfeksi virus. Karena biasanya file-file tersebut telah diubah atributnya, file-file tersebut tidak terlihat. Untuk memulihkan file-file itu, anda bisa menggunakan fasilitas Command Prompt.

(Dikutip dari berbagai sumber)
Share this article :

Post a Comment

Komentarlah dengan bijak dan sopan

 
Support : Pendidikanku | Creating Website | Agus Sukirman
Copyright © 2014. Pendidikanku - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by Pendidikanku
Proudly powered by Blogger