Selamat Datang di Pendidikanku

Yuk, Download Aplikasi Dapodikdas 3.00 20141

11 Aug 20141komentar

Sebenarnya aplikasi ini sudah rilis sejak tanggal 6 Agustus 2014 yang lalu, dan para temen-temen OPS tentu sudah banyak yang mengunduhnya. Nah, untuk yang belum mendownload aplikasinya anda bisa langsung ke link berikut :
Link 1 : http://118.98.166.58/dload/Dapodikdas300.exe
Link 2 : https://www.amazon.com/clouddrive/share?s=DX1YYWUoQjIvhSaRL_EQnA
Silahkan anda pilih salah satu Link di atas untuk mendownload aplikasi Dapodikdas 3.00 20141 (semester ganjil)
Yuk, Download Aplikasi Dapodikdas 3.00 20141

Bagi yang sudah mendownload aplikasinya, namun masih kebingungan dalam menginstall dan tidak sempat membaca manual aplikasi Dapodikdas 3.00, berikut akan saya bagikan cara mudah dalam menginstall Aplikasi Dapodikdas 3.00

  1. Untuk melakukan instalasi yang pertama dan terpenting tentu anda harus memiliki aplikasi Dapodikdas 3.00 yang dapat di download di dua Link di atas.
  2. Setelah mendownload Aplikasi Dapodikdas 3.00, anda juga diharuskan untuk mendownload Data Preffil sekolah anda, di laman http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/prefill_final/generate_prefill.php Setelah laman terbuka, masukkan kode registrasi sekolah anda ke kotak yang disediakan kemudian klik tombol Generate Pastikan file hasil unduhan berekstensi *.prf.
  3. Buat folder baru dengan nama "prefill_dapodik" di dalam system C:/, lalu copy file prefill yang sudah didownload dan masukkan ke folder "prefill_dapodik" yang sudah kita buat tadi.
  4. Setelah kelengkapan di butir 1 s/d 3 terpenuhi maka anda sudah bisa melakukan proses install dengan menjalankan program Dapodikdas 300.exe yang sudah anda download sebelumnya.
  5. Setelah program instalasi berjalan silahkan anda klik tombol Lanjut untuk melanjutkan proses instalasi dan tombol Batal jika anda ingin membatalkan proses instalasi.
  6. Sangat disarankan untuk menutup semua program lainnya sebelum instalasi. Hal ini diperlukan agar berkas terkait dapat diperbaharui tanpa harus booting ulang komputer anda.
  7. Setelah anda melanjutkan proses instalasi, maka akan ditampilkan bagian pemilihan port. Pada pemilihan port ini, Httpd Port dan Postgres Port akan terisi otomatis. Untuk mengecek kembali portnya, klik tombol Check Port agar port tidak bentrok. 
  8. Setelah selesai dalam memilih port, silahkan anda klik tombol Lanjut untuk melanjutkan, dan anda akan ditampilkan form persetujuan.
  9. Bacalah dengan seksama sebelum menginstall atau menggunakan perangkat lunak ini.Setelah Anda baca dengan seksama dan Anda menyetujui tekan tombol Saya Setuju..... yang berarti Anda setuju dengan ketentuan yang dituliskan dalam lisensi tersebut lalu klik Lanjut.Atau tekan tombol Batalkan jika Anda tidak setuju.
  10. Setelah proses penginstallan selesai, klik Lanjut dan tunggu hingga proses Konfigurasi Server Dapodikdas selesai.
  11. Tunggu sampai indikator proses ekstrasi selesai, setelah itu tekan tombol Selesai untuk menutup program instalasi. PENTING: PASTIKAN PENGATURAN WAKTU DAN TIMEZONE KOMPUTER ANDA AKURAT!
  12. Karena aplikasi ini berbasis web, maka sangat disarankan untuk menggunakan browser google chrome dalam menjalankannya.
Itulah sedikit penjelasan cara instalasi Aplikasi Dapodikdas 300, mudah-mudahan bisa membantu kawan-kawan OPS yang masih kesulitan dalam menginstall aplikasi.
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

14 October 2014 at 16:38

Terimakasih banyak atas artikelnya bermanpaat sekali

Post a Comment

Komentarlah dengan bijak dan sopan

 
Support : Pendidikanku | Creating Website | Agus Sukirman
Copyright © 2014. Pendidikanku - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by Pendidikanku
Proudly powered by Blogger