Selamat Datang di Pendidikanku

Cara Isi Data Dapodik 2014 Dua Sekolah Dalam Satu PC/Laptop

16 Oct 20148komentar

Hallo sobat Pendidikan semua, sudah lama rasanya ga pernah update nic blog gara-gara kesibukan yang terus datang...

Nah, mumpung masih pagi dan kesibukan juga masih sedikit saya akan mencoba untuk berbagi sedikit kepada sobat pendidikan semua, terutama yang bekerja sebagai Operator Sekolah (OPS). Update kali ini saya beri judul Cara Isi Data Dapodik 2014 Dua Sekolah Dalam Satu PC/Laptop.


Cara Isi Data Dapodik 2014 Dua Sekolah Dalam Satu PC/Laptop

Pada Tahun Lalu saya sudah pernah berbagi Cara Isi Dapodikdas 2013 Untuk 2 Sekolah Dalam Satu PC Namun kali ini caranya lebih simpel dan tidak berbelit-belit.


Baiklah Daripada panjang lebar, langsung saja kita simak caranya berikut ini:
  1. Yang harus dilakukan pertama adalah menyiapkan aplikasi Dapodikdas 300 yang dapat anda     unduh di http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/laman/unduh. Kemudian unduh juga data prefill dua sekolah yang akan anda isi datanya. di sini saya beri contoh: Sekolah A dan Sekolah B.
  2. Setelah anda mendownload Aplikasi Dapodikdas 300 dan Data Prefill, langkah selanjutnya adalah membuatkan Folder data Prefill di Program C (C:\prefill_dapodik) kemudian masukkan data prefill yang telah anda unduh tadi ke dalam folder prefill_dapodik misalnya data prefill dari Sekolah A.
  3. Install Aplikasi Dapodikdas 300 seperti biasa hingga selesai.
  4. Buka aplikasi Dapodikdas 300 menggunakan browser Google Chrome (recomended) ataupun Mozzila Firefox.
  5. Lakukan Registrasi dengan Kode Registrasi Sekolah A, setelah selesai silahkan login dan isi data Sekolah A tersebut seperti biasa.
  6. Setelah Data Sekolah A diisi dan dirasa sudah baik dan benar silahkan di syncron. karena jika tidak maka data yang sudah anda kerjakan akan hilang pada proses selanjutnya.
Nah, timbul pertanyaan bagaimana caranya isi data Sekolah B ?? berikut ini caranya:
  1. Proses pengisian Data Sekolah B, dapat dilakukan jika data Sekolah A sudah anda Syncron terlebih dahulu agar data Sekolah A tidak hilang. "INGAT ! SEBELUM ANDA BERGANTI KE SEKOLAH B DATA SEKOLAH A YANG TELAH ANDA ISI HARUS SUDAH DI SYNCRON DAN BERHASIL".
  2. Jika ingin berganti ke Sekolah B, yang harus anda ubah hanyalah data prefill nya. 
  3. Ambil data prefill Sekolah B, kemudian masukkan ke folder prefill_dapodik yang ada di Progam C:\prefill_dapodik.
  4. Setelah itu, masuk ke aplikasi Dapodikdas 300 (tanpa install ulang) dan lakukan registrasi lagi dengan menggunakan kode Registrasi Sekolah B.
  5. Setelah proses registrasi selesai, silahkan anda login dan jreeeng....Data Sekolah A sudah hilang dan berganti menjadi Data Sekolah B.
Jika anda ingin menggantinya lagi menjadi Sekolah A maka anda harus Generate dulu data prefill Sekolah A dan Data Sekolah B harus sudah di Syncron terlebih dahulu sebelum menggantinya menjadi Sekolah.

Dalam Cara ini, Proses Syncronisasi sangat penting sebelum pergantian, hal ini dimaksudkan agar data tidak hilang dan tidak ganda.

Itulah sedikit yang bisa saya bagikan mudah-mudahan bisa membantu temen2 OPS semua

Jika masih kurang jelas ataupun ada saran dan kritik silahkan berkomentar. dan jika anda menyukai cara ini silahkan anda share ke temen-temen OPS yang lainnya.
Share this article :

+ komentar + 8 komentar

Terimakasih untuk infonya ini...

1 November 2014 at 17:00

ide yang bagus itu gan, salam kenal

sekarang memang benar-benar canggih...

27 November 2014 at 15:30

izin berkunjung dan mengisi kolom komentar ini yah gan , jangan lupa kunbal hehe

3 December 2014 at 10:07

pemikiran yang menarik yang anda sampaikan

6 December 2014 at 11:22

informasi yang bermanfaat kawan

4 October 2015 at 09:10

Terus bagaimana caranya Menginstal Aplikasi Dapodik yg berbeda? ( Dapodik Paud & Dapodik Das ) dalam 1 PC/Laptop? mhon direspon. terimakasih.

4 October 2015 at 09:12

Terus bagaiman caranya menginstal 2 Aplikasi Dapodik yg berbeda ( DAPODIK PAUD & DAPODIK DAS ) dalam 1 PC/LAPTOP? apakah sama?
mhon di respon. terimakasih ?

Post a Comment

Komentarlah dengan bijak dan sopan

 
Support : Pendidikanku | Creating Website | Agus Sukirman
Copyright © 2014. Pendidikanku - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by Pendidikanku
Proudly powered by Blogger