Selamat Datang di Pendidikanku

Cara Mengatasi Anak Malas dalam Belajar

5 Aug 20130 komentar

Malas merupakan salah satu masalah bagi anak yang tak bisa dibiarkan berkelanjutan. Malas atau keengganan dapat disebabkan oleh banyak hal, hal ini jika didiamkan begitu saja akan menjadi sebuah kebiasaan terhadap anak tersebut.


Berikut ini kami berikan beberapa hal yang dapat dilakukan agar anak tidak malas belajar :
  1. Anak belajar dari lingkungannya, maka anda harus dapat menjadi contoh terbaik bagi mereka, saat mereka belajar anda hendaknya juga membaca buku atau bacaan yang bermanfaat, dengan begitu sang anak secara langsung dapat melihat anda tetap belajar.
  2. Tanamkan kesadaran yang membangun kepada anak anda, bahwasanya belajar adalah sebuah tanggungjawab dan kewajiban bagi seorang anak yang hasilnya akan dapat dirasakan dimasa yang akan datang.
  3. Ciptakan lingkungan belajar dirumah anda yang menyenangkan. Ruang belajar tidak harus besar atau khusus, tetap selalu jaga kebersihan, kerapihan tentu ini akan membuat anak tetap terjaga.
  4. Motivasi atau dorongan kepada anak harus terus diberikan dengan cara yang baik, dekati dirinya, cari kemauan dan keunggulan dari masing-masing sang anak, dengan begitu anda dapat menemukan sebuah potensi besar yang dimilikinya, dengan begitu anda dapat memberikan sebuah hal yang dapat dipelajarinya tanpa sang anak mengalami paksaan.
  5. Jangan paksakan kehendak atau keinginan anda terhadap sang anak.
  6. Pilih waktu yang paling tepat untuk anak belajar.
  7. Jadikan waktu belajar ini menjadi kebiasaan rutin sehari-hari.
  8. Selain waktu belajar yang rutin, sediakan juga waktu yang cukup untuk bermain, menonton dan berinteraksi dengan teman-temannya.

Delapan cara di atas dapat dijadikan sumber inspirasi bagi para orang tua yang memiliki anak malas dalam belajar.

Sumber : Pengajar Plus
Share this article :

Post a Comment

Komentarlah dengan bijak dan sopan

 
Support : Pendidikanku | Creating Website | Agus Sukirman
Copyright © 2014. Pendidikanku - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by Pendidikanku
Proudly powered by Blogger