Selamat Datang di Pendidikanku

Tampilan Anyar Aplikasi Dapodik 2013

5 Aug 20130 komentar

Aplikasi dapodik 2013 sudah dirilis sejak tanggal 15 Juli lalu. Namun, masih di kalangan terbatas. Aplikasi tersebut baru dibagikan kepada dapodik provinsi dan kabupaten/kota saja. Tampilan dapodik 2013 pun sudah banyak beredar di dunia maya. Tapi, perlu dicermati bahwa tampilan aplikasi dapodik berbasis Web tersebut hanya untuk keperluan ToT dan masih beta. Aplikasi resminya tetap berbasis dekstop dan baru akan didistribusikan ke tiap sekolah selepas lebaran melalui KK datadiknya masing-masing.

Tampilan aplikasi dapodik 2013

Kabarnya, aplikasi yang baru ini agak sedikit lebih rumit dibandingkan aplikasi dapodik 2012. Di aplikasi 2013, pada tebel penugasan/PTK yang masih aktif wajib untuk diisi. Jika tidak, maka PTK tersebut tidak dapat didaftarkan mengajar. PTK terdaftar harus diisi ulang tiap tahun, Keaktifan PTK harus diinput setiap bulannya. Data keaktifan ini, akan digunakan untuk menghitung tunjangan. Jika PTK keluar, maka harus diinput di tabel penugasan ini.

Untuk aplikasi yang baru ini, sudah terisi data awal secara otomatis dari data dapodik versi sebelumnya yang pernah dikirim maksimal per 1 Juni 2013. Data yang dikirim setelah tanggal tersebut, tetap akan masuk, tetapi sudah tidak bisa dikemas untuk menjadi data awal.



Untuk para operator sekolah yang nantinya akan mengisi data di aplikasi tersebut sebaiknya :
  1. Membuat email sekolah yang benar-benar masih aktif dan selalu aktif;
  2. Email PTK yang berstatus PNS, sebaiknya membuat email di pnsmail.go.id (layanan email khusus PNS)

Itulah sedikit ulasan saya mengenai Tampilan Anyar AplikasiDapodik 2013 sebagai bahan haring sebelum mendapat aplikasi yang baru.
Share this article :

Post a Comment

Komentarlah dengan bijak dan sopan

 
Support : Pendidikanku | Creating Website | Agus Sukirman
Copyright © 2014. Pendidikanku - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by Pendidikanku
Proudly powered by Blogger